Wednesday 12 June 2019

Sepeda Motor boleh masuk jalan toll di Malaysia


Masih cerita dari Negeri Jiran, Malaysia.

Hari ini saya bersama Pak Cik dan Mak Cik saya yang kebetulan berdomisili di Malaysia melakukan perjalanan dari Selangor ke Negeri Sembilan.

Singkat cerita, perjalanan dimulai pukul 12.00 siang waktu Malaysia. Kami melalui jalan tol yang kurang lebih jaraknya sekitar 54 km. Dan mobil pun melaju kencang, Pak Cik berkata perjalanan kesana membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

Ditengah laju kendaraan yang kencang, tiba - tiba saya lihat ada sebuah sepeda motor menyalip. Dan belum habis rasa heran saya, ternyata dikejauhan tampak pula beriringan beberapa sepeda motor di jalur sebelah kiri.

Penasaran, saya bertanya kepada Pak Cik, kok boleh ya motor masuk ke tol ?  Terus  berapa bayarnya ?

Pak Cik memberikan jawaban, yang membuat saya heran sekaligus kagum.

Ternyata, di negeri ini memang pemerintah membuat setiap jalan tol itu boleh dilalui oleh sepeda motor. Dan tidak membayar sepeserpun alias gratis.

Untuk motor, tidak ada gate seperti mobil. Tetapi disediakan pintu masuk khusus di setiap gate yang ada. Dan jenis motor yang boleh masuk ya bebas, artinya kelas motor bebek pun boleh masuk. Memang, aturannya bahwa motor tersebut hanya boleh memakai jalur paling kiri dan telah dibuatkan garis pembatas untuk pemotor. Tapi, namanya pelanggaran sih selalu ada.

Begitulah, sekelumit kisah tentang jalan tol di negeri jiran. Siapa tahu, pemerintah kita pun akan memperbolehkan motor masuk di tol. Hehe......Aamiin.....

No comments:

Post a Comment