Sunday 30 June 2019

Perjalanan Tobelo ke Ternate

Berakhir sudah perjalanan dinas saya di Tobelo, saatnya berpindah ke lokasi lain yang tentunya tidak kalah menariknya. Saya percaya di setiap perjalanan selalu ada cerita yang bisa dibagikan. Namun sebelum itu saya akan transit terlebih dulu di kota indah yang terletak di kaki gunung gamalama. Kota tersebut bernama Ternate.

Perjalanan saya mulai pukul 07.00 WIT dari hotel Juliana di Tobelo tempat saya menginap menuju ke Pelabuhan Sofifi . Dengan menggunakan mobil sewaan kami tempuh dalam waktu 3,5 jam dengan jarak 186 KM. Sepanjang perjalanan hanya tampak kebun kelapa, pantai dan sesekali rumah penduduk. Jalan yang kami lewati berkelok dan naik turun, ya paling tidak bisa membuat keringat dingin bisa keluar jika tidak terbiasa.

Ditengah perjalanan sopir mobil menghentikan mobilnya di rest area untuk buang air kecil. Tanpa sadar saya pun merasa mual saat keluar dari mobil. Agar saya tidak muntah akhirnya saya beli keripik pisang di kedai rest area tersebut. Setelah saya makan alhamdulillah rasa mual saya bisa reda dan perjalanan pun saya lanjutkan.

Setelah 1 jam berjalan akhirnya saya tiba di pelabuhan sofifi. Kami membeli tiket kapal dari pelabuhan sofifi menuju ke pelabuhan mangga dua di Ternate. Harga tiketnya 50.000. Dan saya pun mendapat antrian kapal kedua karena kapal pertama sudah penuh.

Perjalanan menuju ternate kami tempuh dalam waktu 40 menit. Ombak yang lumayan mengguncang membuat semua penumpang kapal sedikit tegang. Beruntung saya memilih bangku paling belakang, jadi goncangan agak bisa direda.

Terlihat sesekali penjaga mesin kapal menarik mesin keatas, saya kurang paham kenapa hal itu dilakukan. Atau hanya untuk mengecek putaran baling-baling ya ? Kapal melaju ke arah barat menuju titik pemberhentian kapal di pelabuhan mangga dua. Terlihat gunung gamalama yang gagah di depan. Pertanda perjalanan kami sudah dekat. Seiring kapal mesin dimatikan alhamdulillah saya sudah tiba di Ternate dengan selamat.