Tuesday 14 June 2016

Dawet Suronatan yang Maknyuss


Corat-coret edisi kali ini membahas perkara dawet....tapi dawetnya ini istimewa lo....sampai-sampai seantero Madiun pernah dengar. Bagaimana tidak terkenal la wong saat ini sudah pengelola generasi ketiga...hehe....oh iya menurut info yang saya dapat warung dawet ini sudah ada sejak tahun 1963, jadi kalau dihitung-hitung sudah 53 tahun.  
Berlokasi di jalan Merbabu No 10 Madiun warung dawet Suronatan tidak pernah sepi pengunjung. Saat saya dan beberapa teman datang kesana tempat duduknya memang penuh tapi beruntung ada pengunjung yang sudah selesai, jadi kami langsung menggantikan tempat duduknya.

 

Komposisi unik dawet suronatan antara lain campuran bubur ketan hitam, bubur sumsum, dawet, tape dan kemudian diguyur air gula Jawa dan santan. Yang membuat rasanya istimewa adalah dawetnya. Dawet depot suronatan terbuat dari tepung beras, sehingga rasanya lebih gurih, kasar, dan kenyal. Rasa dawet yang kenyal ini akan berbaur sempurna dengan bubur sumsum dari tepung beras bersantan yang gurihnya pas dengan siraman air gula Jawa. Sensasi rasa ini masih ditambah lagi dengan rasa asam dan manis dari tape singkong serta bubur ketan hitam yang menggugah selera. Biar lebih sueegeer...bisa ditambah es batu sesuai selera. Benar-benar perpaduan yang maknyuss....


Depot ini buka sesuai jam kerja, yakni pukul 08.00—17.00 WIB. Selain menjual dawet yang menjadi menu andalan, depot ini juga menjual aneka makanan lainnya seperti gado-gado dan beberapa makanan lainnya.

Selain dawet ada lagi yang membuat saya terkesan, yaitu tukang parkirnya yang sangat energik dalam mengatur kendaraan....serta gayanya yang T.O.P abis...

Penasaran dengan kesegaran Dawet Suronatan? Monggo merapat ke Madiun. Dijamin akan ketagihan.

No comments:

Post a Comment