Saturday 12 October 2013

Tugu Khatulistiwa di Riau

Indonesia adalah negara kepulauan yang memanjang sepanjang garis khatulistiwa ( Equator ). Hampir semua pulau pulau besar di indonesia delewati oleh garis khatulistiwa, bahkan ada kota yang tepat berada di Garis khatulistiwa seperti kota Pontianak ( Kalimantan Barat ).


Tapi kali ini, saya tidak akan membahas Pontianak, tapi akan membahas daerah/kota lain yang tepat berada di garis khatulistiwa yang berada di Pulau Sumatera. Di Pulau  Sumatera, garis khatulistiwa ( Equator ) berpapasan dengan beberapa titik/daerah yang berada di propinsi Riau dan Sumatera Barat. Di Riau, Garis equator ini memotong daerah Pangkalan lesung dan Lipat kain. Sedangkan di Sumatera Barat memotong daerah Koto Alam dan Bonjol. Di Tiap titik itu oleh pemerintah setempat dibuatkan tugu equator yang berfungsi sebagai penanda.

Penasaran bagaimana tugunya? Kali ini saya berada di garis 0 derajat Lintang Utara dan 101 : 12 13 Bujur Timur, dekat dengan Tugu khatulistiwa tepatnya di Ds. Lipat Kain Selatan, Kec. Lipat Kain, Kab. Kampar, Prop Riau. Karena dilalui garis khatulistiwa tak heran kalau disini udaranya cukup panas.
 

1 comment:

  1. ternyata di Riau yang kampung saya sendiri ada juga yah
    tapi agak nyesel juga karena merantau ke kaltim yang ada tugu equatornya

    ReplyDelete