Saturday 24 November 2018

Morotai dan Potensinya yang Luar Biasa


Sebuah perjalanan bagi saya selalu mempunyai makna didalamnya yaitu mengajarkan saya untuk selalu berproses agar lebih terbuka dalam melihat sesuatu dan mampu menerima hal baru.

Seperti halnya perjalanan ke Morotai kali ini. Saya banyak melihat hal baru, baik dari sisi budaya, adat istiadat, ekonomi, keindahan alam dan juga sejarah perjalanan pulau ini hingga sekarang.

Sudah puluhan rumah saya datangi saat di Morotai dan bertemu juga dengan puluhan tuan rumahnya. Rata-rata keluhan mereka sama yaitu tentang kesulitan ekonomi yang dialami akhir-akhir ini. Saya justru ingin melihat Pulau Morotai dari sisi yang berbeda dimana memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk dijadikan destinasi wisata yang ujungnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan memanfaatkan potesi yang dimiliki saya yakin akan ada banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi Pulau Morotai.

Memang untuk mewujudkan sesuatu yang luar biasa dibutuhkan efford yang luar biasa pula. Peran pemerintah yang besar terkait hal ini sangat diperlukan selain masyarakatnya yang juga harus pro aktif ikut mendukung program pariwisata disana.

Saya pernah membaca di salah satu majalah bahwa industry pariwisata terbukti antikrisis global.

Saat perekonomian global terpuruk, bisa jadi pertumbuhan pariwisata bisa tetap terjaga jika kita melihat hal tersebut menjadi sebuah peluang dan tetap optimis untuk mengembangkannya.


#LandmarkMomojiuMorotai

No comments:

Post a Comment