Wednesday 12 June 2019

Catatan tentang perbedaan waktu antara Indonesia dan Malaysia


Setelah satu hari berada di Malaysia, ada hal yang ingin saya tulis terkait adanya perbedaan waktu antara Indonesia dan Malaysia.

Walaupun disebut negara serumpun karena memiliki banyak persamaan dalam beberapa hal, namun tidak demikian dalam penetapan zona waktu. Meski terdiri atas dua kawasan wilayah, Barat (dekat Sumatera) dan Timur (bagian utara Kalimantan), negara tersebut tidak mengenal pembagian zona waktu seperti di Indonesia dan secara internasional hanya memakai satu zona waktu yaitu UTC +8 atau kalau di Indonesia sama dengan Waktu Indonesia Tengah ( WITA ).

Sementara di Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu yang meliputi: Waktu Indonesia Barat atau WIB yang mengusung UTC+7,  Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang mengusung UTC+8 dan Waktu Indonesia Timur atau WIT yang mengusung UTC+9.

Jadi perbedaan waktu Indonesia dan Malaysia hanya berdasarkan WIB dan WIT. Selisih waktu antara WIB dengan Malaysia adalah satu jam lebih cepat sementara selisih waktu antara WIT dengan Malaysia adalah satu jam lebih lambat. Misalkan, WIB berada pada jam 7.00 maka waktu Malaysia berada pada jam 8.00 sementara WIT berada pada jam 9.00.

Pulau Sulawesi, provinsi Kalimantan Utara, Timur dan Selatan serta Kepulauan Sunda Kecil termasuk dalam wilayah zona waktu WITA dengan posisi jarum jam yang sama seperti Malaysia.

Sementara tempat tinggal saya di Sidoarjo yang secara geografis berada di pulau Jawa memiliki waktu lebih lambat 1 jam dengan Malaysia.

No comments:

Post a Comment