Friday 14 June 2019

Obrolan ringan tentang istilah "Jiran" sepulang sholat jumat


Jumat, 14 Juni 2019 adalah hari keempat saya berada di Negeri Jiran Malaysia. Sepulang dari sholat Jumat di komplek apartement tempat saya tinggal. Ada kawan yang sempat ngobrol dengan saya tentang istilah Jiran.

Padahal sudah sering kali saya menyebut istilah Jiran, tapi artinya sendiri saya baru tau hari ini setelah membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia hehe.....

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jiran adalah orang yang tinggal sebelah-menyebelah atau dekat rumah. Jiran juga bisa diartikan sebagai tetangga dekat rumah. Selain itu, jiran juga punya arti negara tetangga.

Nah, dari situlah, kita bisa mengetahui kenapa Malaysia disebut sebagai Negeri Jiran. Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia. Negara ini merupakan negara yang paling dekat dengan Indonesia di antara negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Bahkan Malaysia juga berbagi satu daratan dengan satu pulau di Indonesia, yaitu Kalimantan. Karena menjadi negara tetangga yang terdekat itulah, Malaysia mendapat julukan sebagai Negeri Jiran.

Selain itu, Brunei Darussalam sebenarnya juga dijuluki sebagai Negeri Jiran. Namun, julukan ini biasanya lebih melekat untuk Malaysia daripada Brunei.

Nah, itulah alasan kenapa Malaysia mendapat julukan sebagai Negeri Jiran.

No comments:

Post a Comment