Sunday 30 June 2019

Mampir di Dataran Merdeka Malaysia


Kalau di Jombang tempat asal saya ada alun-alun yang sering digunakan untuk upacara memperingati hari kemerdekaan dan hari-hari besar nasional. Kalau di Kuala Lumpur Malaysia ada Dataran Merdeka yang konon sering digunakan untuk acara memperingati hari kemerdekaan Malaysia.


Lapangan ini merupakan saksi sejarah saat bendera Union Jack milik Inggris diturunkan dan bendera Malaysia pertama kali dikibarkan pada 31 Agustus 1957. Sejak saat itu, setiap hari kemerdekaan Malaysia disini digelar Parade Hari Kemerdekaan. Sebelum merdeka, lapangan ini bernama Selangor Club Padang milik Selangor Club. Lapangannya kemudian dipindahkan ke seberang Dataran Merdeka.

Hal yang paling menarik bagi saya dari kawasan Dataran Merdeka ini ada di seberangnya. Bangunan kuno peninggalan kolonial Inggris berjejer di seberang Dataran Merdeka. Yang paling mencolok dan terlihat sangat menawan adalah Bangunan Sultan Abdul Samad. Bangunan ini bergaya unik dengan menara jam yang dipuncaki kubah. Ada juga beberapa kubah khas masjid yang terpasang di bagian depan gedung.



Berkunjung ke Dataran Merdeka di Kuala Lumpur menjadi kegiatan yang mengasyikkan dan nyaman selama traveling ke Kuala Lumpur.


No comments:

Post a Comment