Tuesday 18 June 2019

Makan beradab pada adat istiadat Perkawinan Melayu.

Saya sempat bingung saat mendengar Mak Cik bilang ini nanti untuk meja makan beradab. Loh makan kok beradab, sontak saya teringat sila kedua Pancasila yang bunyinya "Kemanusiaan yang adil dan beradab". Hehe....

Saya masih penasaran makan beradab itu yang seperti apa ? Nah berawal dari situ setiap saat musti saya tanyakan kepada Mak Cik makanan beradabnya sudah datang apa belum ya ?  Karena kalau makanan beradab sudah datang tolong saya dipanggil, saya mau ambil foto.

Selang beberapa saat makanan beradab sudah datang. Dan ternyata makanan beradap itu berupa udang goreng yang ditancapkan ke buah nanas dan beberapa hidangan yang disajikan kepada pasangan kemantin beserta kedua orang tua pengantin.


Sebelum menyantap hidangan tersebut terdapat seorang yang dituakan untuk memimpin pembacaan doa. 

Setelah itu kemantin dan orang tua menyantab hidangan tersebut secara bersama-sama. Intinya perjamuan tersebut bertujuan agar kemantin dan kedua orang tua kemantin lebih akrab. Dan acara ini biasanya ada saat acara resepsi pernikahan.


No comments:

Post a Comment