Friday 28 June 2019

Keindahan Tobelo


Ada pepatah bilang "tak kenal maka tak sayang", mungkin kata itu yang paling pas saya gunakan untuk memulai tulisan saya malam ini. Sambil duduk di lobby hotel saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang salah satu keindahan sisi utara Indonesia. Titik yang ingin saya kenalkan adalah kota Tobelo.

Tobelo merupakan salah satu kota yang cukup ramai di pulau Halmahera, dengan ditunjang satu-satunya bandara dengan tujuan Manado dan Ternate. Selain itu Tobelo juga memiliki pelabuhan yang cukup ramai yang terhubung langsung dengan lautan pasific.

Sebagai kota yang cukup ramai di utara, kota Tobelo memiliki banyak penginapan yang cukup baik. Sehingga tak perlu menghawatirkan untuk mencari penginapan dikota kecil ini. Karena Tobelo yang ramai dikunjungi pedagang, jadi tak usah kesulitan untuk urusan makan.

Kami yang terbiasa makan apa saja, cukup dimanjakan dengan rasa makanan yang cukup nikmat, padahal makan diwarung biasa. Masakan khas lokal yang didominasi ikan adalah favorit kami. Ikan segar dimasak dengan beragam cara bakar, goreng, gulai semua enak.

Selain masakan khas, di Tobelo juga mudah ditemukan warung makan Jawa yang menjual nasi goreng, gado-gado, soto ayam, sate kambing dan ayam bahkan pecel ayam, tersedia di beberapa warung ditengah kota. Bagi kami, tak ada masalah makan yang kami temukan, semua enak.

Walaupun kunjungan kami tidak lama namun syukur alhamdulillah bisa menikmatinya dengan maksimal. Pertama-tama kami mengunjungi beberapa pantai indah yang bertebaran di tobelo. Selain itu kami juga sempat mengujungi beberapa tempat cantik lain di sekitarTobelo, yang paling dekat adalah Bukit Pancasila. Dengan menggunakan motor matik yang sudah berumur kami berangkat untuk menikmati keindahan kota Tobelo dari atas bukit yang sekaligus memberi pemandangan hingga ke pulau-pulau di depannya. Perjalanan yang menanjak menuju bukit Pancasila sempat membuat motor kami nggak kuat, beruntung insiden motor nggak kuat baru terjadi persis ketika kami tiba di gerbang bukit Pancasila.


Bukit Pancasila atau villa bupati adalah sebuah bukit kecil di belakang kota. Di bukit ini kita dapat melihat pemandangan kota Tobelo secara utuh hingga ke laut pasific. Disebut bukit pancasila karena dihalamannya terdapat patung Garuda Pancasila yang cukup besar menghadap kota Tobelo. Dikenal sebagai villa bupati, bukan berarti tempat ini merupakan tempat peristirahatan bupati Halmahera Utara, tapi di bukit ini terdapat semacam ruang terbuka besar sebagai ruang perjamuan tamu bupati. Di bukit ini kami bisa duduk-duduk santai di sofa empuk sambil menikmati sejuknya angin sore dan memanjakan mata melihat hijau royoroyo pemandangan kota Tobelo.


Saya rasa cukup dulu ya tulisan malam ini, saya harus beristirahat karena besuk ada perjalanan panjang yang harus kami tempuh lagi.

No comments:

Post a Comment