Tuesday 6 September 2016

Tugu Khatulistiwa di Sulawesi


Garis Khatulistiwa adalah sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet. Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Di dunia sedikitnya terdapat 13 Negara yang dilalui Garis Khatulistiwa, salah satunya adalah negara kita tercinta Indonesia.

Di Indonesia garis khatulistiwa melintasi pulau-pulau besar diantaranya yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Halmahera dan Pulau Gebe. Di masing-masing pulau yang dilintasi garis khatulistiwa oleh pemerintah didirikan tugu penanda.

Saya sangat bersyukur karena kali ini saya diberikan kesempatan untuk berkunjung ke tugu khatulistiwa yang berada di Sulawesi. Sebenarnya ini adalah tugu katulistiwa ke tiga di Indonesia yang sudah saya kunjungi setelah yang pertama di daerah Lipat Kain dan yang kedua di Pangkalan Lesung Riau.

Lokasi Tugu ini berada di tepi jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

So...seperti biasa beberapa dokumentasi sempat saya abadikan di Area Tugu Khatulistiwa ini.





No comments:

Post a Comment