Sunday 29 September 2019

Melihat Adu Kerbau Toraja di Tondon Siba'ta


"Besuk ada acara Ma’pasilaga Tedong mas", kata kawan saya sambil menunjukkan beberapa gambar kerbau petarung. "Ma'pasilaga Tedong artinya pertarungan kerbau. Acara ini biasanya digelar untuk menghibur tamu dan keluarga yang sedang berduka", imbuhnya.

Dalam kehidupan orang Toraja, kerbau adalah hewan yang sangat penting dan suci, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun kebutuhan upacara adat serta kebudayaan.

Selain harganya yang mahal, kerbau juga dianggap sebagai hewan suci dalam upacara kematian. Orang Toraja juga menjadikan kerbau sebagai jagoan tarung.

Berdasarkan informasi yang saya dapat tersebut, saya berencana menghadiri acara Ma'pasilaga Tedong yang diadakan di daerah Tondon Siba'ta, Toraja Utara. Acara dimulai pukul 11.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA.

Dengan menggunakan mobil kami berangkat ke lokasi, sempat beberapa kali bertanya karena lokasinya agak masuk ke dalam. Biasanya arena nya dipilih di persawahan yang agak luas.

Tepat pukul 11.30 WITA, kami tiba di lokasi, tampaknya sudah banyak masyarakat yang memadati arena. Saya memilih duduk di depan agar bisa melihat dengan jelas.

Rupanya saat kami datang sudah dipertandingkan beberapa tim. Namun masih ada beberapa tim lagi yang akan berlaga. Nama timnya dipanggil oleh pembawa acara. Dan kerbau pun digiring ke arena lalu ditarungkan.

Saya dan beberapa kawan sempat melihat 2 pertandingan. Lumayan seru sih. Tapi kasihan dengan kerbau nya. Sepertinya ada yang terluka.

Karena masih ada beberapa lokasi yang harus kami kunjungi, maka kami beranjak meninggalkan arena pertarungan kerbau tersebut.











No comments:

Post a Comment