Wednesday 29 January 2014

Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah

Saya pernah membaca Pepatah Cina yang berbunyi "Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah". Dan hal ini sempat menjadi renungan dalam pemikiran saya. 
Memang benar untuk mengawali sesuatu bukanlah hal yang mudah, karena dibutuhkan suatu pertimbangan, pemikiran dan konsekuensi yang harus dihadapi. Agar kita lebih mudah dalam melakukan langkah-langkah berikutnya.

Seorang pendaki gunung sejati tidak pernah melihat kebawah untuk mencapai puncak. Seorang pelari cepat memusatkan perhatian pada garis finish. Mungkin dalam mencapai segala sesuatu yang diharapkan, kadang kita harus melewati lembah yang curam, kerikil yang tajam, parit yang membuat kita terjatuh, terseok seok atau bahkan sampai berdarah. Tetapi disaat kita sudah berani untuk melangkah, kita harus tetap melangkah untuk mencapai suatu tujuan.

Seribu mil harus diawali dengan sebuah langkah, jangan pernah berhenti, maju dan pantang menyerah menghadapi segala sesuatu yang harus kita hadapi. Dengan demikian tanpa kita sadari, kita telah semakin dekat dengan tujuan yang hendak kita capai. Kita akan semakin kuat karena kita telah melalui semua hal yang membuat kita pernah tergelincir atau jatuh. Dan hal tersebut merupakan pengalaman yang senantiasa membuat kita lebih berhati-hati untuk langkah selanjutnya.

Jangan melihat "tujuan" sebagai akhir dari sebuah perjalanan, tapi jadikan tujuan sebagai bagian dari perjalanan. Dengan demikian kita akan terus mempunyai semangat untuk menuju ke tujuan demi tujuan tanpa kita pernah berhenti. Maka kemenangan demi kemenangan pun akan kita capai. 

Seribu mil selalu dimulai dengan sebuah langkah..!! Jangan pernah bermimpi sudah mencapai ribuan mil kalau kita tidak segera bangun untuk mengawali langkah pertama. Tetap semangat kawan......!!! tatap masa depan, raih impian, tujuan dari perjalanan anda adalah menjadi PEMENANG.



Rudy Salam
Riau, 22.28 WIB

1 comment:

  1. Mas Rudy, kalau ada legenda mengenai mata air Ngembul ini tolong di muat di artikel ya Mas. Terima kasih

    ReplyDelete