Sunday 19 January 2014

Lagu "Anak Medan" Yang Menginspirasi


Ketika saya melakukan kunjungan ke Medan beberapa waktu yang lalu, saya mendengar sebuah lagu Pop Batak Toba yang cukup membuat saya terinspirasi. Judul lagunya adalah "Anak Medan" ciptaan Freddy Tambunan dan dibawakan oleh Trio Lamtama. Lagu ini sudah beberapa lama ini menjadi lagu "andalan" orang batak di samping lagu-lagu lainnya. 


Dalam memilih sebuah lagu sebaiknya pilihlah selalu lagu yang membuat Anda tidak patah semangat. Kejiwaan seseorang bisa dipengaruhi oleh sebuah lagu. Kalau lagi patah hati, jangan pilih lagu yang galau tapi pilihlah lagu yang membuat Anda bersemangat untuk mencari kekasih yang baru (saya jadi mengajari hehehehe......). Tapi itulah misteri lagu. Makanya lagu jangan diciptakan dengan syair yang "asal-asalan". Ada ungkapan ‘Bene canctat bis orat‘ yang berarti menyanyi dengan baik, sama dengan berdoa dua kali. Ternyata ungkapan ini juga mewakili semangat yang hendaknya ada dalam sebuah lagu.

Berikut ini adalah syair lagu yang saya maksud :

Anak Medan, Anak Medan, Anak Medan do au Kawan (Anak Medan-Anak Medannya, Aku Kawan)
Modal Pergaulan boi do mangolu au (modal pergaulan, aku bisa hidup)
Tarlobi di penampilan main cantik do au kawan (terlebih dalam hal penampilan "main cantik", saya kawan)
Sonang manang susah happy do di au (Senang atau susah, aku happy saja)

Horas…. Pohon pinang tumbuh sendiri
Horas…. Tumbuhlah menantang awan
Horas.… Biar kambing di kampung sendiri
Horas..... Tapi banteng di perantauan

Anak Medan, anak Medan, anak Medan do au kawan (anak Medannya, aku kawan)
Susah didonganku soboi tarbereng au (kesulitan/kesusahan temanku, tak sanggup kulihat)
Titik darah penghabisan ai rela do au, kawan (sampai tetes darah terakhir, aku rela kawan)
Hansur demi kawan, i do au kawan (hancur demi kawan, itulah aku)

Kurang lebih itulah syair dan arti dari lagu "Anak Medan". Kesetiaan pada teman (sahabat), berjuang dengan keras di tanah perantauan,susah atau senang selalu bergembira mungkin menjadi pesan yang hendak disampaikan kepada kita pendengar.   
Syairnya membuat kita bersemangat menggapai hidup dan cita-cita.
Semangat untuk bekerja keras, Setia kawanlah selalu, baik suka maupun duka dan tetap happy apa pun yang terjadi.

Salam...Horas.....!!!


 

No comments:

Post a Comment