Sunday 1 September 2019

Berlabuhnya Kapal Al Sudais 21 di Ternate


Tepat tanggal 01 September 2019 pukul 6.45 WIT Kapal Al Sudais 21 yang saya naiki berlabuh di Pelabuhan Ternate. Senang rasanya bisa merapat ke daratan kembali dengan selamat setelah 14 jam bertarung dengan ketahanan badan saya dalam menahan rasa mual karena ombak yang lumayan tinggi.


14 Jam berada di kapal Al Sudais 21 memberikan banyak pengalaman bagi saya yang notabene sejak kecil tinggal di daratan. Karena ternyata saudara-saudara kita di kepulauan menaiki kapal dengan durasi seperti ini sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan ada anak kecil yang usianya hampir sama dengan anak saya dia sudah berani dan terbiasa mengarungi lautan seperti ini.

Namanya Rian dia adalah siswa SMP yang dikirim oleh Pemerintah Daerah  Kabupaten Pulau Taliabu untuk mengikuti pelatihan bola mewakili daerahnya di level Propinsi. Dia berlayar selama 2 hari dari Taliabu ke Ternate. Bagi dia hal ini adalah sesuatu yang biasa dia lakukan sebagai anak kepulauan.

Rasa persaudaraan dan keakraban sesama penumpang bisa terlihat disini. Malam pun berlalu dan saya mulai terlelap dalam gelapnya malam sampai terdengar suara ABK mengumumkan bahwa kapal sudah mulai merapat ke Pelabuhan.

Setelah sampai di terminal penumpang saya memesan taxi untuk pergi ke hotel. Walaupun hanya sebentar singgah di Ternate, akan saya optimalkan untuk beristirahat, karena sore ini saya harus melanjutkan perjalanan lagi ke salah satu pulau yang cukup populer beberapa waktu yang lalu di Indonesia.

No comments:

Post a Comment