Sunday 2 February 2014

Tidak cukup hanya membidik sasaran, anda harus menembak dan mengenainya



Di dalam buku karangan DR. Robert Anthony yang pernah saya baca, ada istilah “Tidak cukup hanya membidik sasaran, anda harus menembak dan mengenainya”, adalah sebuah kata mutiara yang menurut saya mempunyai makna bahwa di dalam kehidupan kita boleh mempunyai keinginan, cita-cita dan mimpi, namun kita juga harus bisa untuk mewujudkan keinginan, cita-cita dan mimpi kita tersebut dengan melakukan usaha nyata.


Setiap manusia di dunia ini pasti pernah bercita – cita dan punya impian. Hal tersebut adalah harapan-harapan yang membalut ketertarikan kita atas sesuatu. Sayangnya, dari sekian banyak manusia yang pernah bercita - cita, hanya segelintir saja yang mampu mewujudkan cita - citanya. Kenapa bisa demikian ? Jawabannya sederhana sekali “seorang pemenang saat dia punya mimpi maka dia akan segera bangun untuk mewujudkan cita–citanya, sedangkan seorang pecundang saat dia mimpi, maka dia akan meneruskan tidurnya.” Jadi jika ingin mewujudkan setiap impian yang Anda miliki. segeralah bangun dengan mental seorang pemenang, Hadapi kenyataan dan nikmati sajalah proses yang harus Anda lewati saat mengejarnya. Tapi jika Anda hanya meneruskan tidur demi melanjutkan impian yang terputus, sampai kapanpun cita - cita seindah apapun itu hanya akan selalu menjadi impian dan tidak pernah menjadi nyata. Sederhana sekali bukan? Sayangnya, hanya sedikit orang yang mampu melakukannya. Dan saya pun sampai saat ini  masih berusaha mengejar impian dan cita-cita tersebut.

Dibawah ini adalah cara-cara mewujudkan cita–cita menurut salah satu nara sumber di acara yang digelar oleh Classy FM yang sempat saya tulis ulang :
  1. Kerja keras. itu adalah hal yang akan membawa cita - cita menjadi kenyataan, Jadi. mulailah setiap pagi siap untuk menjalankan lebih jauh daripada yang Anda lakukan kemarin dan berjuang lebih keras daripada yang pernah Anda lakukan sebelumnya.
  2. Jangan Takut gagal. Semakin cepat Anda menerima ini. semakin cepat Anda bisa mendapatkan dengan menjadi brilian, Anda tidak akan pernah 100% yakin itu akan bekerja. tetapi Anda selalu bisa 100% yakin tidak melakukan apapun tidak akan bekerja, Jadi keluarlah sana. dan melakukan sesuatu! Entah Anda berhasil atau yang pasti belajar dari kesalahan.
  3. Jangan berhenti Belajar. Waktu Anda untuk berhenti belajar adalah Waktu Anda saat berhenti hidup,Mati, Carilah informasi baru. berpikir tentang hal baru. akan memperbaharui pikiran anda untuk lebih maju dari Sebelumnya.
  4. Mungkin tidak ada Hari Esok, Sekarang. seseorang kebanyakan merencanakan sesuatu untuk besok tanpa menyadari mereka akan mati hari ini, Ini menyedihkan. tapi benar, Jadi meluangkan waktu Anda secara bijaksana hari ini dan berhenti cukup lama untuk menghargainya kerja keras anda hari ini.
  5. Pintar-pintarlah Mengendalikan Waktu, Membuang-buang waktu. bakat dan energi emosional pada hal-hal yang berada di luar kendali. hanya akan menimbulkan frustrasi. penderitaan dan stagnasi, Pergunakan Waktu dan energi dalam hal yang dapat Anda kontrol dan hal-hal yang lebih berguna,
  6. Pengetahuan berasal dari pengalaman, Anda dapat mendiskusikan Pekerjaan hingga seratus kali. tetapi itu hanya akan memberikan Anda pemahaman filosofis, Anda harus menjalani pekerjaan tersebut secara langsung untuk benar-benar tahu.
  7. Jangan Mengejar Kesuksesan, Jangan buang waktu Anda mencoba untuk menjadi sukses. tapi habiskan waktu Anda menciptakan nilai yang berguna, Bila Anda berharga untuk dunia di sekitar Anda. Anda akan sukses. dan kesuksesan lah yang akan mengejar anda.
  8. Anda tidak dapat mengubah masa lalu, - Seperti Maria Robinson pernah berkata. "Tidak ada yang bisa kembali dan memulai awal yang baru. tapi setiap orang dapat memulai hari ini dan membuat akhir yang baru," Anda tidak bisa mengubah apa yang terjadi. tetapi Anda dapat mengubah bagaimana Anda bereaksi.,
  9. Satu-satunya orang yang dapat membuat Anda bahagia adalah Anda, Akar kebahagiaan Anda berasal dari hubungan Anda dengan diri Anda sendiri, Entitas eksternal Tentu bisa memiliki efek sekilas pada suasana hati Anda. tetapi dalam jangka panjang tidak lebih penting daripada bagaimana Anda merasa penting untuk diri anda sendiri.
  10. Pro dan Kontra, Anda tidak bisa menjadi segalanya untuk semua orang, Tidak peduli apa yang Anda lakukan. akan selalu ada seseorang yang berpikir berbeda, Jadi berkonsentrasi pada hal-hal yang menurut Anda benar, Biarkan Orang lain berfikir macam2 tentang anda. Yang penting adalah bagaimana Anda merasa penting bagi diri Anda.
  11. Anda tidak akan selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan, - Seperti Mick Jagger pernah berkata. "Anda tidak selalu bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. tetapi jika Anda mencoba. kadang-kadang Anda mungkin menemukan Atau mendapatkan apa yang Anda inginkan," Lihatlah di sekitar, hargailah hal-hal yang Anda miliki sekarang, Banyak orang yang tidak begitu beruntung seperti anda.

 Semoga tulisan diatas bisa memberikan manfaat.

No comments:

Post a Comment