Sunday 23 February 2014

Cerita singkat kunjungan "Inyong" di Purwokerto


"Inyong" akan sedikit bercerita tentang kunjungan "Inyong" di kota Puwokerto ya........Kota Purwokerto merupakan salah satu kota yang perkembangannya cukup pesat, berada di bagian barat Provinsi Jawa Tengah. Purwokerto sendiri merupakan Ibukota Kabupaten Banyumas, yang mana Kabupaten Banyumas adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dilihat dari letak geografisnya cukup strategis. 
Berada di tengah-tengah Pulau Jawa, jarak  dari Cirebon tidak begitu memakan waktu cukup lama hanya sekitar 2,5 - 3  jam dengan menggunakan kereta api, kemudian jarak ke Semarang (ibukota provinsi) juga tidak memakan waktu, sama halnya ke kota-kota besar lain seperti Bandung, Yogyakarta, dan lain sebagainya kasarannya setengah hari juga bisa sampai dengan perjalanan darat.

Selain itu jarak dari Kota Purwokerto ke kota-kota lainnya di Jawa Tengah yang ada disekitar Purwokerto, seperti Cilacap, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Wonosobo juga relatif dekat. Karena letak Kota Purwokerto yang ada di sebelah barat Jawa Tengah, jarak dari kota Purwokerto ke kota-kota yang ada di provinsi tetangga yaitu Jawa Barat seperti Banjar Patroman, Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, dan sekitarnya juga relatif dekat.


Purwokerto yang secara administratif letaknya berada di Kabupaten Banyumas, juga memiliki panorama alam yang begitu memukau. Terlebih letak Kota Purwokerto tidak jauh dari lereng Gunung Slamet (Gunung tertinggi di Jawa Tengah), Panorama alam seperti perbukitan, hutan pinus, aliran sungai besar, hamparan sawah, pedesaan yang khas, bisa ditemui di sekitar Kota Purwokerto.
Bahasa yang khas membuat saya begitu terasa asing ketika berada disana, namun hal itu justru memacu saya untuk lebih banyak belajar akan khasanah budaya bangsa. 
Demikian cerita singkat kunjungan "Inyong" di Purwokerto.


 
 

No comments:

Post a Comment