Saturday 22 February 2014

Prasasti Kilometer "0" ( Nol ) Kota Bandung


Kota Bandung dengan sebutan Paris Van Java mempunyai beberapa Ikon Sejarah yang sangat menarik untuk diulas, saat saya berkunjung kesana ada Prasasti Kilometer "0" (Nol) Kota Bandung yang berlokasi tepat di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat atau tepatnya di seberang hotel Savoy Homan di jalan Asia Afrika Bandung.
 

Adapun sejarah singkat yang saya baca di Prasasti Bandung KM "0" ( Nol ) yaitu Daendeles, Gubernur Jendral ( 1808 -1811 ) ditugaskan pemerintah Hindia Belanda untuk membangun Jalan Raya Pos (Grote Postweg) dari Anyer (Banten) sampai ke Panarukan (Jawa Timur). Tujuan utama membangun jalan Raya Pos adalah untuk memperlancar komunikasi antar daerah dalam rangka memperkuat pertahanan di Pulau Jawa.
Seusai pembangunan jembatan sungai Cikapundung pada tahun 1810 untuk pertama kali dilewati.
 

Gubernur Jendral Daendeles bersama bupati bandung RAA Wiranakusumah II melanjutkan berjalan kaki. Dan Sesampainya di tempat tugu ini berdiri, H.W Daendeles sambil menancapkan tongkat kayu berkata “Zorg, Dat Als Ik Terug Kom Hier Een Stad Is Gebouwd“, yang artinya : “Coba usahakan, bila aku datang kembali, di tempat ini telah dibangun sebuah kota”.
Dan selanjutnya ditempat ini pulalah masyarakat kemudian membuat patok berupa tugu yang menyatakan tanda Kilometer "0" (Nol), dan sampai sekarang patok ini digunakan sebagai posisi KM Bdg 0+00.

Dibawah ini adalah foto sungai Cikapundung yang sempat saya ambil gambarnya.

Penanda Jembatan Sungai Cikapundung kota Bandung.







No comments:

Post a Comment