Sunday 4 September 2016

Eksotisnya Obyek Wisata Pusat Laut


Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar atau membaca bahwa di daerah Donggala terdapat suatu objek wisata yang sangat unik. Nama objek wisata tersebut adalah Pusat Laut, dalam bahasa Kaili disebut juga dengan nama Pusentasi, atau kalau diartikan satu persatu Pusen berarti Pusat sedangkan Tasi berarti Laut.

Mendengar nama objek wisata ini mungkin ada yang bertanya. “Apakah objek wisata ini berada di tengah laut?”, pertanyaan spontan ini seperti yang pernah saya lontarkan kepada kawan saya yang asli Suku Kaili.


Pada awalnya Saya sendiri sempat bingung dengan penamaan tempat wisata ini, tetapi saat mengunjungi dan mengulik-ngulik ternyata saya mendapatkan jawabanya, "Kenapa nama objek wisata ini dinamakan Pusat Laut?".



Pusat Laut Adalah sebuah sumur besar alami dimana di dalamnya terdapat air asin. Dinamakan Pusat Laut karena air sumur ini dipercaya mengalir dari pusaran Laut Selat Makasar yang terdapat sekitar 1 kilometer dari sumur. Titik pusar tersebut mempunyai semacam trowongan untuk mengalirkan air ke sumur. Pusaran tersebut merupakan titik temu antara dua arus yang berbeda. Namun terowongan yang di maksud sekarang sudah tidak terlihat lagi, kemungkinan sudah tertutup oleh batu.


Keunikan dari Pusat Laut adalah sumur ini juga mengalami pasang surut. Jadi ketika Laut di pantai bagian timur sumur surut, maka air sumur menjadi pasang dan begitu pula sebaliknya. Ketika air laut pasang, maka debit air di sumur menjadi berkurang.

Pusat Laut berbentuk seperti sumur besar, di sekelilingnya terdapat bebatuan yang sangat kokoh. Air dari Pusat Laut sendiri sangat jernih, meski para pengunjung melakukan aktifitas terjun dan berenang tidak membuat airnya menjadi keruh.
Diameter dari Pusat Laut mencapai 15 meter dengan kedalaman 25 meter. Jika kita ke arah timur dari Sumur alami ini (Pusat Laut), akan di manjakan dengan pemandangan pantai berpasir putih yang langsung menghadap ke selat Makassar.


Dan bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini silahkan datang ke Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Tempat ini berjarak sekitar 55 kilometer dari Kota Palu.

Berikut ini beberapa foto yang sempat saya ambil saat berada di obyek wisata Pusat laut :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment