Sunday 11 September 2016

Gong Perdamaian Nusantara dan Monumen Nosarara Nosabatutu


Satu lagi lokasi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi apabila berkunjung ke Palu yaitu Gong Perdamaian Nusantara dan Monumen Nosarara Nosabatutu yang berada di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, atau tepatnya 2 km dari belakang Mako Polda Sulteng.

Konon asal mula didirikannya Gong Perdamaian dan Monumen Nosarara Nosabatutu ini dulunya Sulawesi Tengah adalah wilayah yang sering terjadi konflik khususnya Poso, Sigi dan wilayah lainnya. Maka sebagai bentuk kampanye perdamaian maka dibangunlah simbol–simbol perdamaian yang bertujuan untuk menghentikan konflik di berbagai daerah di Sulawesi Tengah. Simbol itu adalah Gong Perdamaian Nusantara dan Monumen Nosarara Nosabatutu.

Nama Nosarara Nosabatutu adalah semboyan yang berasal dari Suku Kaili, yang berarti bersaudara dan bersatu. Tujuannya adalah agar monumen ini menjadi pilar dalam membangun perdamaian, kebersamaan, kerukunan, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah.

Sementara Gong Perdamaian Nusantara adalah lambang semangat perdamaian dalam kesatuan NKRI. Gong yang ada di Kota Palu merupakan gong ke 4 yang berada di Indonesia. Sedangkan gong yang lainnya terdapat di kota Yogyakarta, Kupang, Singkawang dan Bangka Belitung.

Bagian depan gong terdiri dari 3 bagian lingkaran dan 1 bagian yang menonjol keluar. Pada bagian yang paling luar terdapat 444 logo beserta nama Kota dan Kabupaten yang ada di Indonesia. Lingkaran tengah terdapat 33 logo beserta nama Provinsi yang ada di Indonesia, dan juga tulisan “Gong Perdamaian Nusantara, Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa”. Bagian dalamnya terdapat 5 logo agama yang ada di Indonesia, yaitu Islam, Buddha, Kristen, Katolik dan Hindu. Dan pada bagian tengah gong terdapat gambar pulau Indonesia.


Berlokasi didaerah perbukitan maka dari sini kita dapat melihat pemandangan yang mempesona, Teluk Palu nan indah yang beratapkan awan putih, serta berbagai tumbuhan dan pepohonan hijau yang menghiasi tempat ini. Menikmati pemandangan yang luar biasa sambil diterpa angin sepoi-sepoi memang sangat asik untuk menghilangkan penat.






No comments:

Post a Comment