Wednesday 21 September 2016

Monumen Mura Emas di Kabupaten Murung Raya


Setiap daerah pasti mempunyai ciri khas tersendiri, seperti halnya Monumen Mura Emas sebagai ciri khas Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Jadi kalau kita sudah berfoto di Monumen ini artinya kita sudah sah pernah berkunjung kesini hehe....

Kabupaten Murung Raya merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara pada tahun 2002. Ibu kotanya bernama Puruk Cahu. Kalau saya boleh menggambarkan sedikit tentang Kabupaten ini yaitu sebagian besar wilayahnya didominasi oleh pegunungan dan perbukitan, hulu sungai, dan riam-riam. Kondisi topografi yang demikian antara lain menyebabkan udaranya terasa dingin dan agak lembab. Fungsi kawasan di bagian Utara wilayah ini menjadi sangat penting, terutama sebagai haparan hutan hujan tropis yang masih asli dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, juga sebagai menara AIR (water reservoir) bagi sungai-sungai utama di wilayah Kalimantan, khususnya Sungai Barito yang konon memiliki panjang mencapai 900 km.

Secara geografis Kabupaten Murung Raya terletak di daerah khatulistiwa berada di wilayah bagian utara Kalimantan Tengah.
Sementara itu, batas-batas wilayah Kabupaten Murung Raya secara administratif adalah sebagai berikut:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur dan Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara dan Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Kahayan Hulu Utara Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 Kabupaten Murung Raya adalah Kabupaten terluas di provinsi Kalimantan Tengah.
Mungkin itu sekelumit cerita yang bisa saya gambarkan tentang Murung Raya.

No comments:

Post a Comment