Saturday 8 November 2014

Mencoba Rujak Kangkung khas Kuningan Jawa Barat



Berbicara soal Rujak....merupakan salah satu makanan favorit saya, masih teringat beberapa waktu yang lalu saya sempat mencicipi rujak genjrot/rujak tumbuk/rujak bebek di Bogor. Rasanya lumayan enak. Ketika berada di daerah Paciran, Lamongan saya menjumpai yang namanya Rujak Dulit, rasanya juga tidak kalah enak. Dan sekarang  saya bertugas di Kabupaten Kuningan, saya menemui jenis rujak yang menurut saya relatif baru yaitu Rujak Kangkung.....hehe......bagi orang Jawa Timur seperti saya pasti baru mendengarnya......Konon makanan ini merupakan makanan khas dari Desa Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Menurut penjualnya yang sempat saya wawancara bahwa Rujak Kangkung adalah makanan yang bisa disantap begitu saja, namun juga sangat cocok untuk dijadikan lauk pauk. Keistimewaan utama dari makanan ini adalah rasanya yang segar dan nikmat, terutama bila dimakan siang hari ketika udara terasa panas.
Kenapa segar? karena bahan utama dari makanan ini adalah kangkung yang juga segar, jadi sesuai dengan namanya yang bikin mata kita jadi terang dengan sambalnya. Sedang bumbu atau sambal yang digunakan sama persis dengan sambal yang digunakan untuk membuat Rujak buah-buahan. Jadi bisa dibayangkan bagaimana “Meriahnya” rasa sajian dari makanan ini diatas piring.
Bahan utamanya  dari sayuran kangkung, bisa dikatakan bila Rujak Kangkung termasuk makanan sehat yang tidak perlu dihindari oleh siapa saja. Apalagi bumbu yang digunakan juga tidak ada kandungan kimia sama sekali. Jadi tetap aman dan tidak berbahaya untuk tubuh.

Apabila penasaran ingin membuat berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan. Bahan utama Kangkung dan bumbu berupa: 2 buah bawang merah (bakar), 5 buah cabe, merah+ijo, 1 cm terasi (bakar), 2 sdm asem jawa, 1/2 sdt garam, 4×4 cm gula merah (untuk yang suka rasa manis). Cara membuatnya Rebus kangkung dan tiriskan. Haluskan semua bumbu dan tuangkan keatas kangkung, atau juga dapat dengan cara di cocol.

Bagaimana?.... anda tertarik untuk mencoba makanan sederhana ini? silahkan datang ke Kuningan atau buat sendiri di rumah ....hehe.......

No comments:

Post a Comment