Sunday 9 November 2014

Indahnya Masjid Agung Baitul Mukminin Kabupaten Jombang

Sebagai putra Jombang saya bangga dengan segala sesuatu yang ada di kota kelahiran saya. Termasuk segala pernik yang menghiasi kota santri ini. Salah satu wujud dari kebanggaan saya yaitu pada tulisan edisi kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang salah satu Masjid yang menjadi icon Kota Jombang. Kami biasa menyebutnya dengan nama Masjid Agung Baitul Mukminin. Pertama kali saya menjejakkan kaki di Masjid ini pada tahun 1985 ketika saya mengikuti kegiatan Lomba Adzan untuk tingkat Taman Kanak-Kanak se Kabupaten Jombang. Yang jelas bentuknya masih belum sebagus sekarang.

Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang yang sekarang ini adalah hasil pemugaran masjid sebelumnya yang berukuran lebih kecil. Sekarang ini masjid agung Jombang ukurannya jauh lebih luas, memiliki dua lantai, fasilitasnya lebih lengkap, dan lebih indah. Kawan saya yang datang dari Bandung menyatakan Masjid Agung Jombang sangat mewah. Saya setuju dengan ungkapan tersebut.
Masjid dua lantai ini dari luar tampak seperti masjid Timur Tengah. Tapi kalau sudah masuk ke dalamnya, maka unsur budaya Jawa sangat kental kita rasakan. Terutama atap tumpang bersusun tiga yang mirip dengan desain Masjid Agung Demak. 
Adapun lokasi Masjid Agung Baitul Mukminin yaitu berada disebelah barat alun-alun kota Jombang. Dan jika anda penasaran dengan bentuk asli masjid tersebut, silahkan datang ke Kota Jombang.


No comments:

Post a Comment