Sunday 23 November 2014

Melihat beberapa kemajuan Per-Kereta Api-an



Kereta Api adalah mode transportasi massal yang paling efektif, baik untuk jarak jauh maupun dekat. Untuk mengatasi masalah angkutan massal satu kota besar tidak ada yang lebih efektif dari Kereta Api, setidaknya hal itulah yang tertanam di benak saya saat ini. Masih teringat beberapa bulan yang lalu saat putusnya Jembatan Comal yang ada di Pantura. Semua kendaraan tidak bisa melintas. Dan kereta api adalah pilihan yang paling pas agar bisa sampai di lokasi tempat saya bertugas sesuai waktu yang sudah diperkirakan.  

Sebagai salah satu pelanggan kereta api dengan rute perjalanan Cirebon-Surabaya, saya merasakan ada perubahan besar ketika saya bandingkan dengan era sebelum tahun 2013 dan kemajuan itu terus berlanjut sampai sekarang. Ya Syukurlah...... ..ternyata ada bermacam kemajuan dan perubahan layanan kereta api indonesia menuju arah yang lebih baik, hal ini tentu disambut gembira oleh para pengguna salah satu jenis angkutan transportasi darat ini.


Dan kalau boleh saya list kira-kira beberapa kemajuan yang bisa dilihat oleh konsumen kereta api indonesia antara lain :
  • Mudah dalam membeli tiket, sekarang kita bisa membeli tiket secara online di internet, melalui call center 021121, melalui alfamart atau indomaret, melalui agen tiket, dll. tanpa harus capek-capek mengantri di stasiun. Bahkan sekarang tersedia juga aplikasi yang ada di gadget.
  • Tertib mengantri saat membeli tiket di stasiun,
  • Nama pada tiket harus sesuai dengan identitas KTP/SIM/Pasport.
  • Setiap penumpang dengan tiket resmi dilindungi oleh auransi jasa raharja.
  • Hanya pemegang tiket yang bisa masuk ke Peron.
  • Tidak ada pedagang asongan di dalam kereta api.
  • Tidak ada penumpang diatas gerbong kereta api.
  • Kereta ekonomi sekarang lebih bersih dan ber AC  
Akan tetapi kalau diperhatikan saya rasa masih ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki dan ditingkatkan, diantaranya yaitu : Memberi kemudahan kepada penumpang dadakan agar tetap bisa mendapat tiket, menambah armada kereta untuk hari-hari tertentu semisal pada hari jumat khusus untuk jurusan kereta Jakarta ke Surabaya dan hari minggu untuk kereta jurusan Surabaya ke Jakarta ( high season ), dan lain-lain.
Demikian sedikit catatan beberapa kemajuan Per-Kereta Api-an di Indonesia menurut saya.



No comments:

Post a Comment