Sunday 13 October 2013

Menyusuri Tujuh Pulau sekaligus dalam satu hari

Pada kesempatan ini saya akan menceritakan pengalaman saya menyusuri 7 Pulau sekaligus dalam satu hari. Tujuh pulau yang dimaksud yaitu : Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang dan terakhir Pulau Galang baru. Masing -masing pulau ini mempunyai jarak yang cukup berdekatan satu sama lain. Walaupun begitu ini merupakan rekor bagi saya dalam melakukan sebuah petualangan. Perjalanan yang saya lakukan dalam melintasi pulau-pulau ini tidak menggunakan jalur laut maupun jalur udara, tapi saya tempuh dengan perjalanan darat. Loh....kok bisa ???.....hehe....Begini ceritanya.....pada tahun 1992 ketika bapak BJ Habibie menjabat sebagai Menristek, beliau memprakarsai pembangunan jembatan yang menghubungkan antara pulau Batam dan keenam pulau disekitarnya, jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1998. 
Jembatan yang menghubungkan pulau-pulau tersebut dinamakan Jembatan Barelang, yaitu singkatan dari 3 pulau besar diantara ketujuh pulau tadi, ketiga pulau besar tadi ialah Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang.
Keenam jembatan yang menghubungkan antara satu pulau dengan pulau yang lain mempunyai nama yang berbeda-beda, konon namanya diambil dari nama raja-raja Melayu Riau yang pernah berkuasa pada abad 15 sampai 18 Masehi, diantaranya yaitu :
  1. Jembatan Tengku Fisabilillah yaitu jembatan yang menghubungkan antara Pulau Batam dengan Pulau Tonton
  2. Jembatan Nara Singa II yaitu jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tonton dengan Pulau Nipah
  3. Jembatan Raja Ali Haji yaitu jembatan yang menghubungkan antara Pulau Nipah dengan Pulau Setoko
  4. Jembatan Sultan Zainal Abidin yaitu jembatan yang menghubungkan antara Pulau Setoko dengan Pulau Rempang
  5. Jembatan Tuanku Tambusai yaitu jembatan yang menghubungkan antara Pulau Rempang dengan Pulau Galang
  6. Jembatan Raja Kecil yaitu jembatan yang menghubungkan antara Pulau Galang dan Pulau Galang Baru
Sepanjang perjalanan saya disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah,  tak jarang saya berhenti sejenak untuk mengambil foto.
 

No comments:

Post a Comment