Sunday 13 October 2013

Ngarai Sianok "Grand Canyon" nya Sumatera Barat



Ingin menikmati pemandangan seperti Grand Canyon, Amerika Serikat? Tidak perlu jauh-jauh ke sana, Indonesia punya pemandangan seindah Grand Canyon.Pemandangan seperti ini dapat ditemui di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat.



Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang memiliki jurang sedalam 100 meter, dan membentang sepanjang 15 kilometer, dan lebar 200 meter. Ngarai Sianok adalah bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang. Hasil patahan ini membentuk dinding yang curam, dan tegak lurus membentuk lembah yang hijau.



Di dasar lembah Ngarai Sianok ini juga terdapat sungai yang dinamakan Batang Sianok. Kota Bukittinggi serta gunung Singgalang berdiri ditengah patahan ngarai ini.

Ngarai Sianok memiliki keindahan panorama yang luar biasa. bukit-bukit di ngarainya ditumbuhi banyak tanaman langka, seperti bunga Rafflesia Arnoldi serta berbagai tanaman obat-obatan. Di dasar ngarai, sambil menyelusuri lembah hijau, Anda dapat menemui beberapa hewan seperti monyet, tapir, babi hutan, dan lain-lain.
 
Menikmati keindahan Ngarai Sianok juga dapat dilakukan di Taman Panorama di Kota Bukittinggi, yang menyediakan beberapa bangku taman agar pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam Ngarai Sianok.



No comments:

Post a Comment