Tuesday 15 October 2013

EX Camp Vietnam di Pulau Galang

Camp Vietnam adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Pulau Galang dan sekarang ini sudah banyak wisatawan yang berdatangan ke lokasi ini untuk mengetahui sejarah dari Camp Vietnam tersebut berkat akses informasi yang sangat luas sekarang ini.
Sejarah pernah mencatat bahwa negara kita Indonesia pernah berkontribusi besar kepada negara Vietnam ketika jaman penjajahan negara tersebut dan sebagian besar warganya pergi berlayar mengarungi lautan untuk mencari tempat tinggal yang aman dan bebas dari peperangan dan pulau galang adalah persinggahan yang tepat bagi warga Vietnam yang mencari ketenangan dari peperangan pada masa itu.
Untuk mencapai lokasi camp Vietnam dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Batam Center dengan melewati jembatan barelang 1 sampai 5, sayangnya untuk transportasi atau angkutan umum belum tersedia untuk sampai di lokasi ini. Jadi wisatawan dari luar pulau batam yang akan mengunjungi camp vietnam disarankan untuk menyewa mobil atau sepeda motor.

Di lokasi ini terdapat beberapa peninggalan masyarakat Vietnam ketika mengungsi ke pulau galang ini seperti kapal yang digunakan untuk berlayar, alat masak, kerajinan tangan, gereja tua, kuil, kuburan dan berbagai foto kenangan yang disimpan dalam museum camp vietnam dan masih banyak lainnya.
Tidak hanya itu, pengunjung yang memasuki dalam museum akan dimanjakan dengan lagu-lagu khas Vietnam, di dalam museum pengunjung tidak hanya melihat beberapa penginggalan sejarah yang ada tetapi pengunjung juga dapat belajar bagaimana masyarakat Vietnam pada saat itu yang sedang mengungsi dapat saling tolong menolong dan menciptakan sebuah desa atau penampungan yang damai dan tentram.
 
 
Jadi bagi Anda yang hobi wisata sejarah disarankan untuk membuat wish list untuk berkunjung ke Camp Vietnam yang ada di Pulau Galang.
 
 







No comments:

Post a Comment