Tuesday 5 February 2019

Trip to Jailolo


Mungkin sebagian kawan-kawan sedikit asing mendengar kata JAILOLO, bagi yang belum pernah mendengar ini merupakan nama lain dari Kabupaten Halmahera Barat di Provinsi Maluku Utara.

Kebetulan saya berkesempatan untuk melakukan trip ke kota yang konon ramainya urutan ketiga di Maluku Utara ini. Urutan kota yang paling ramai adalah Ternate disusul Tobelo baru Jailolo dan seterusnya. Ini versi saya lo ya....hehe....karena di Maluku Utara ini setidaknya saya sudah berkunjung ke 6 kota nya yaitu Ternate, Tidore, Tobelo, Morotai, Sofifi dan yang saat ini saya kunjungi adalah Jailolo. Paling tidak saya sudah bisa membandingkan kira-kira seramai apa disini.

Yap .... Menuju ke Halmahera Barat atau Jailolo memang di butuhkan effort yang luar biasa. Bisa dibayangkan mulai dari transportasi darat, laut hingga udara harus kita naiki, lengkap sudah. Kalau soal biaya jangan ditanya pasti besar biayanya. Belum lagi tantangan saat di perjalanan laut, ombaknya luar biasa besar. Dan bagi yang suka mual naik kapal. Saya pastikan muntah deh.....hehe....


Namun semua itu pasti akan terbayarkan dengan pengalaman yang tidak mungkin terlupakan di sini.

Ok saya rasa sekian dulu catatan sore ini. Saya mau mandi dulu setelah menempuh perjalanan  sekitar 8 jam dari rumah saya di Sidoarjo.

No comments:

Post a Comment