Thursday 7 February 2019

Silaturrahmi ke Kedaton Jailolo


Sore menjelang malam, saya berkunjung ke Kedaton Jailolo. Suasana sepi di sekitaran Kedaton. Maksud hati ingin mengambil beberapa dokumentasi, namun sesuai adat ketimuran saya harus meminta ijin terlebih dahulu kepada sang empunya. Saya beranikan masuk ke pelataran kedaton yang saat itu pintunya sedang terbuka. Terdapat pria yang berusia sekitar 50 tahunan menemui saya. Beliau adalah Pak Ahmad sang kepala urusan rumah tangga kedaton.

Saya sampaikan maksud kedatangan saya ke Kedaton Jailolo, dan ternyata pak Ahmad sangat antusias menyambut saya. Beliau mempersilahkan saya mengambil beberapa dokumentasi dan mengajak saya masuk ke pelataran kedaton. Tak hanya itu Pak Ahmad juga berkenan menjawab semua pertanyaan yang saya sampaikan kepada beliau dengan jelas. Maklum saya orangnya suka penasaran dengan hal yang unik ....hehe....

Pak Ahmad juga menyampaikan bahwa Sang Sultan tidak ada ditempat, saat itu beliau ada di Jakarta. Menurut Pak Ahmad seandainya Sang Sultan ada pasti akan dengan  senang hati menemui. Wah jadi agak GR.....hehe.

Waktu terus berjalan, dan pak Ahmad masih setia menemani saya ke beberapa titik lokasi di Kedaton. Saya pun mengambil dokumentasi di setiap sudutnya.

Sampai tiba waktunya saya harus berpamitan dengan Pak Ahmad. Karena sang surya sudah mulai masuk ke peraduannya.

Dan berikut beberapa dokumentasi yang sempat saya abadikan saat di Kedaton Jailolo.










No comments:

Post a Comment