Saturday 2 June 2018

Pohon Loreng di Kawasan Hutan Lindung Tirta Rimba Bau Bau


Saat melakukan perjalanan dari Pasarwajo menuju Bau Bau kami melewati kawasan hutan lindung Tirta Rimba. Ditengah perjalanan tiba-tiba kawan saya menghentikan motornya. Ada apa gerangan? dalam hati saya bertanya, eh...ternyata diseberang jalan ada jenis pohon yang sangat khas, dan dia ingin menunjukkannya kepada saya. Sardin menyebutnya sebagai “Pohon Loreng”.


Disebut Pohon Loreng, sebab sepanjang batang pohon dari bawah hingga ke ranting-ranting, kulitnya berlurik loreng khas tentara. Banyak yang mengira ada yang iseng sekedar mencorat-coret cat di batang pohon, hingga menyerupai loreng tentara, namun kenyataannya, memang tumbuh secara alamiah. Berdasarkan pengamatan saya setidaknya terdapat 4 pohon yang bentuknya sama disekitar tempat saya berdiri.



Konon pohon ini sudah menjadi misteri warga, sebab belum ada penelitian lebih lanjut tentang keberadaan pohon ini, yang pasti di Sulawesi Tenggara hanya di Bau-Bau ini ada pohon loreng seperti ini, ujar Sardin.


Dan tentunya pasti ada cerita dibalik sebuah keunikan, ada yang menyebut bahwa pohon loreng menandakan akan memasuki kawasan militer Yonif 725 Woroagi di Kecamatan Sorawolio, bahkan dengan cerita-cerita mistik lainnya.


Pastinya, keberadaan pohon loreng di Bau-Bau cukup menambah wawasan saya untuk menggali hal-hal menarik disekitar kita.

 


No comments:

Post a Comment