Sunday 3 June 2018

Lapas Pasir Putih Nusakambangan


Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan mengunjungi lapas yang digunakan khusus untuk Napi teroris dan narkoba, lapas tersebut bernama Lapas Pasir Putih yang berada di Pulau Nusakambangan, Cilacap Jawa tengah.


Nusakambangan dikenal sebagai pulau penjara sejak masa kolonial Belanda. Penjahat kelas berat dibui di pulau tersebut. Reputasi sebagai penjara superketat memang sudah melekat sejak lama.


Klasifikasi napi teroris dan narkoba mempunyai kemiripan yaitu sama-sama bisa mengorganisir, mengarahkan atau mengendalikan dan menggerakkan jaringannya meski berada di penjara. Penempatan di lapas khusus diyakini mampu memutus mata rantai jaringan teroris maupun narkoba.

Menurut Sipir yang menjaga bahwa tiap lapas memiliki kebiasaan dan atmosfer berbeda. Sebab itu, lapas di Nusakambangan memiliki standar operasional prosedural masa pengenalan atau orientasi, layaknya masa orientasi siswa baru di sekolah. Tentu tak bisa disamakan antara masa orientasi sekolah dengan istilah ospek di Nusakambangan. Itu hanya analogi untuk istilah orientasi atau pengenalan bagi warga binaan baru.

Konon tingkat pengawasan di Lapas Pasir Putih Nusa Kambangan ini pun tergolong super maximum  security atau tingkat pengawasan super ketat. Di Lapas kategori high risk security ini seluruh aktivitas Napi dijaga ketat dan terpantau oleh kamera CCTV. Tiap sel hanya diisi satu napi. Kemudian di sana juga ada upaya deradikalisasi guna memberikan pemahaman baru kepada napi teroris.

Di sekitar lapas ini signal HP tidak bisa berfungsi, hal ini sudah saya buktikan sendiri, kebetulan waktu itu saya menggunakan 3 operator seluler sekaligus yaitu Simpati, XL dan Indosat dan kesemuanya tidak berfungsi disini.



No comments:

Post a Comment