Wednesday 13 June 2018

Keunikan Pulau Bawean yang menggunakan Waktu Indonesia Setempat

 
Awalnya saya berfikir bahwa Indonesia hanya terbagi menjadi 3 zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur. Ternyata di Pulau Bawean saya mendapati hal yang unik dalam penggunaan waktu yaitu terdapat Waktu Indonesia Setempat. 

Oleh Masyarakat Bawean Waktu Indonesia Setempat atau biasa disingkat WIS ini digunakan untuk menentukan waktu sholat, kalau digambarkan dalam jam selisihnya tidak tentu tapi berkisar antara 15 menit sampai 30 menit tergantung bulannya. Misal di bulan Januari selisihnya dengan WIB bisa sekitar 15 menitan namun jika di bulan Juni bisa sampai 30 menit. Alat yang digunakan untuk mengukur waktu disebut bincret, bentuknya seperti pada gambar dibawah.


Secara geografis Pulau Bawean berada pada zona Waktu Indonesia Barat, namun penggunaan Waktu Indonesia Setempat ini sudah lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari.   
 

Hasil obrolan saya dengan salah satu tokoh masyarakat di Pulau Bawean bahwa WIS digunakan sudah lama sekali yaitu sejak adanya para ulama terdahulu. Penggunaan WIS akan mudah didapati dilokasi-lokasi ibadah, seperti halnya yang saya dapati di Masjid Jami' Istiqomah desa Patar Selamat, Sangkapura, Bawean.


No comments:

Post a Comment