Wednesday 6 June 2018

Belajar Tenggelam di Taka Sendok Karimunjawa



Didalam menjalani kehidupan manusia tidak bisa lepas dari proses belajar. Belajar dalam berbagai hal, yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Sampai hal yang sepele pun kalau tidak belajar pasti akan kesulitan dan tidak terbiasa melakukannya. Seperti halnya yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu, saya belajar tenggelam. Haha.....mungkin kawan-kawan mendengarnya aneh, ini kok belajar tenggelam. Memang benar, untuk tenggelam saja kalau tidak belajar dan mengetahui tekniknya, pasti kita akan kesulitan melakukannya.

Awalnya saya pingin sekali berfoto didalam air, karena tema wisata kami adalah snorkling di kepulauan Karimunjawa. Spot yang kami pilih di sekitaran Taka Sendok. Berbagai persiapan kami lakukan, mulai dari rekan yang siap dengan kamera khusus air, tali dan juga kawan yang mendorong saya untuk menuju ke dasar laut.


Dan ternyata hal yang kelihatannya simple tersebut sulit dilakukan, karena tekniknya belum saya kuasai. Setelah diberi arahan kawan yang memang pernah belajar tentang teknik diving, akhirnya saya pun berhasil menuju ke dasar laut dan mengambil beberapa dokumentasi.
Terimaksih kepada kawan-kawan yang telah memberikan saya sedikit wawasan didalam proses belajar saya untuk tenggelam.

Dan beberapa Teknik Dasar untuk bisa tenggelam yang masih saya hafal yaitu:

1.       Tenang dan Yakin
Anda tidak perlu gugup ketika akan menyelam untuk pertama kali. Bersikap tenanglah dan percaya diri. Kamu harus yakin bahwa kamu bisa melakukannya. Pastikan kamu tidak menyelam sendirian.

2.       Melakukan Prosedur Masuk Air yang Benar
Proses masuk ke air adalah proses dimana anda akan merasa sangat takut dan senang. Proses ini gampang-gampang susah, kamu dapat melakukannya dengan benar dan senang.

3.       Hafalkan isyarat tangan
Tentu Anda tidak akan bisa bicara selama berada di dalam air. Maka dari itu, diciptakanlah isyarat sebagai media komunikasi selama di bawah laut. Kenali dan hafalkan baik-baik isyarat tersebut. Salah-salah isyarat, bisa beda artinya. Jempol ke atas berarti Anda ingin atau diminta naik ke permukaan. Sedangkan jempol ke bawah diisyaratkan untuk menyelam lebih dalam. Telapak tangan yang bergoyang membentuk seperti gelombang diartikan sebagai adanya masalah. 

Nah kurang lebih seperti itu pengalaman belajar tenggelam saya. Semoga menginspirasi....

No comments:

Post a Comment