Saturday 2 June 2018

Kampung Korea di Pulau Buton


Ekspedisi Pulau Buton kali ini saya lanjutkan ke suatu daerah yang cukup unik, disini banyak dijumpai tulisan yang bagi saya agak asing. Aksara yang saya jumpai mirip dengan yang ada di film-film Korea. Oleh masyarakat sekitar daerah ini disebut dengan nama Kampung Korea. Nama kampungnya adalah Karya Baru, disini banyak dihuni orang-orang etnis Cia-Cia.

Konon karena terdapat kesamaan dialek bahasa dengan bangsa Korea serta kekayaan bahasa di Bau-Bau yang mencapai lebih dari 90 bahasa, seorang Professor Korea tertarik kepada Bau-Bau, khususnya etnis Cia-cia. Para antropolog Korea juga mulai meneliti lebih dalam mengapa ada kemiripan antara bahasa kampung ini dengan bahasa mereka.

Apakah ada garis keturunan mereka yang beranak-pinak di sini, atau alternatif kemungkinan yang lain. Dari sini, mulai timbul kerjasama antara Cia-cia dan Korea. Dari pertukaran pelajar, pertukaran guru, penelitian, hingga pertukaran kebudayaan. Hal ini membuat Indonesia, khususnya Cia-cia, makin bergaung namanya di luar negeri.

Tetapi hingga sekarang belum ada kesimpulan resmi dari para peneliti apa yang mendasari Cia-cia memiliki akar budaya yang mirip dengan Korea. Meski begitu, budaya Korea mulai disosialisasikan kepada masyarakat Cia-cia. Bukan untuk menghilangkan bahasa Cia-cia, namun malah untuk memperkenalkan lagi sejak dini agar bahasa daerah tidak hilang. Sekarang ini, bahasa Korea sudah diajarkan untuk anak-anak Sekolah Dasar sejak kelas 4 SD. Bahkan di SD Karya Baru, guru bahasa Korea mereka sempat orang Korea asli. Namun untuk tahun-tahun ini, guru tersebut diganti oleh guru dari Cia-cia yang sempat mendapat pelatihan di Korea langsung.

Penasaran dengan tulisannya ? Mari cek beberapa gambar dibawah.....
 

No comments:

Post a Comment