Thursday 24 July 2014

Patung Buddha Tidur di Maha Vihara Majapahit

Hampir setiap bulan saya melintasi Trowulan saat pulang ke rumah orang tua, tapi baru kali ini saya menyempatkan diri mengunjungi Patung Buddha Tidur di Maha Vihara Majapahit yang konon terbesar ketiga di dunia setelah yang ada di Thailand dan Nepal.

Patung Buddha tidur atau sleeping Buddha terletak di Desa Bejijong, kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Awalnya patung ini disediakan bagi komunitas Agama Buddha saja, tapi dalam perkembangannya patung ini menjadi obyek wisata alternatif. Patung berwarna keemasan ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini dibuat di tahun 1993, menggunakan bahan beton yang dipahat perajin patung asal Trowulan. Patung ini menggambarkan wafatnya sang Buddha, Siddharta Gautama dalam kondisi tertidur. Seluruh bagian patung ini berwarna kuning keemasan, di bawah bagian patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir. Tak jauh dari patung Buddha terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang melambangkan kehidupan sang Buddha dan ajaran Agama Buddha.
Untuk masuk ke area ini kita diwajibkan mengisi buku tamu, dan disitu disediakan kotak sumbangan bagi yang mau beramal, sedangkan biaya parkir roda empat sebesar Rp 3000.
Para pengunjung yang datang kesini seperti tidak mau kehilangan momentum, banyak di antaranya yang mengabadikan kunjungan mereka sambil berfoto ria dengan latar belakang patung Buddha ....termasuk saya....
  
 

No comments:

Post a Comment