Monday 23 September 2019

Berkunjung ke Istana Datu Luwu di Palopo


Suana lengang yang saya temui ketika memasuki komplek Istana Datu Luwu yang berada di Palopo. Terdapat 3 bangunan utama yaitu bangunan permanen dengan arsitektur Eropa, Monumen Perjuangan Rakyat Luwu berupa patung tangan yang memegang badik terhunus ke langit dan Saoraja atau miniatur istana raja.


Dulu konon istana raja yang asli telah diratakan oleh Belanda dan dibangunkan lagi sebuah bangunan untuk istana dengan arsitektur bergaya eropa yang dimaksudkan untuk mengambil hati Penguasa Kerajaan Luwu tetapi oleh kebanyakan bangsawan Luwu dianggap sebagai cara untuk menghilangkan jejak sejarah Kerajaan Luwu sebagai Kerajaan yang dihormati dan disegani kerajaan-kerajaan lain di jazirah Sulawesi secara khusus dan Nusantara secara umum.


Istana Datu Luwu berada di tengah kota Palopo. Jadi tidak sulit untuk menemukannya karena letaknya berhadapan dengan kantor pos dan diseberangnya terdapat bangunan masjid yang konon usianya sangat tua.

Saya sempatkan mengambil beberapa dokumentasi saat berada di lokasi. Karena pintu istana tertutup jadi saya tidak bisa masuk ke dalam.







No comments:

Post a Comment