Saturday 21 February 2015

Mercusuar Tanjung Kalian di Kabupaten Bangka Barat Propinsi Bangka Belitung



Kota tua Muntok terletak di ujung sebelah barat Pulau Bangka. Selain menyimpan sejarah, kota ini juga menyimpan eksotis alam yang tidak kalah dengan kabupaten-kabupaten lain di Pulau Bangka. Perpaduan alam semenanjung Bangka dan peninggalan sejarah era kesultanan dari Sumatera Selatan Palembang hingga perebutan kemerdekaan RI, menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Kota Muntok ini.
Di sini tersebar sejumlah obyek wisata, diantaranya Mercusuar Tanjung Kalian. Mercusuar yang berdiri tegar dan kokoh di Tanjung Kalian adalah sebuah sarana penyelamat lalu lintas kapal yang di bangun oleh Belanda pada tahun 1862. Mercusuar ini memiliki ketinggian lebih kurang 65 m dan terdiri dari 16 pantai.
Dari puncak menara, keindahan se keliling dapat terlihat. Ke arah barat, tampak Pantai Tanjung Kalian dengan pasir yang putih sepanjang lebih kurang 5 km. Ke sebelah timur, tampak pelabuhan tua kota Muntok. Konon di waktu malam, sinar lampu mercusuar ini dapat terlihat dengan jelas dengan radius 5 km dari arah laut, sebagai markas jalur kapal-kapal yang melintas.
Kawasan wisata mercusuar tersebut berjarak 5-6 km dari pusat Ibu Kota Kabupaten Bangka Barat di Muntok.  

Berikut adalah beberapa gambar di sekitar Menara Suar yang sempat saya abadikan :
 
 
 

 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment