Saturday 11 October 2014

Menikmati Es Durian Kombinasi di Purbalingga



Saat berkunjung ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Teman saya bercerita bahwa disini terdapat penjual es durian yang sangat terkenal, pelanggannya juga sudah banyak, baik dari sekitar Purbalingga maupun dari luar kota. Namanya Es Durian Kombinasi. Lokasinya di deretan kios depan Taman Maerakaca dan Tugu Bancar Purbalingga atau depan Markas Kodim Purbalingga. Karena sangat penasaran maka saya mencoba berkunjung kesana.
Model es durian di sini memang beda, yaitu dengan mengambil daging duriannya saja, lalu dalam 1 porsi es durian kira-kira berisi 4 sendok makan daging durian, dengan diberi gula jawa cair lalu di beri santan dan es gosrok, lalu disiram susu putih kental dan sedikit coklat cair, rasanya memang benar-benar gurih dan nikmat.
Selain es durian itu ada juga es durian kopyor, daging duriannya enak, untuk kopyornya sebenarnya agak kurang berasa, karena mungkin kalah dengan aroma durian nya yang sangat kuat, secara keseluruhan rasa-nya memang jadi lebih gurih, karena ada santan-nya. Ada juga menu es kopyor dan es campur yang cukup menggoda. Satu mangkok es durian dipatok dengan harga Rp. 14.000 sedangkan untuk es durian kopyor harganya Rp. 22.000.

Pemilik Es Durian kombinasi ini adalah bapak Kasdi yang sudah mulai berjualan es durian ini sejak 1969, kata beliau dalam 1 hari bisa menghabiskan 60 buah durian. Buah durian dipasok dari berbagai daerah, seperti Sumatera dan dari Jawa Tengah. Jadi, walaupun buah durian merupakan buah musiman, tapi di Es Durian Kombinasi ini selalu bisa tersedia.
Jika anda pengemar buah Durian dan kebetulan sedang bepergian ke kota Purbalingga, anda harus coba Es Durian Kombinasi ala Pak Kasdi ini, di jamin anda pasti ketagihan.


 


No comments:

Post a Comment