Saturday 25 October 2014

Berkunjung ke Markas Arema di Stadion Kanjuruhan Malang



Bagi penggemar sepakbola di Indonesia pasti pernah mendengar atau melihat tulisan Arema yaitu merupakan klub sepakbola yang berasal dari Kota Malang. Saat didirikan bernama Arema Football Club/Persatuan Sepak Bola Arema (PS Arema) dan kemudian namanya menjadi Arema Malang. Kali ini saya tidak akan mengulas banyak tentang Arema melainkan kandang atau markas klub sepak bola Singo Edan ini. Arema bermarkas di Stadion Kanjuruhan Malang. Stadion ini berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Letaknya sekitar 26 kilometer arah selatan dari pusat Kota Malang. Stadion Kanjuruhan dibangun sejak tahun 1997 dengan biaya lebih dari 35 miliar (menurut info yang saya baca). Tanggal 9 Juni 2004, stadion ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Stadion Kanjuruhan memiliki luas 3,5 hektar dengan kapasitas tempat duduk 40.000 penonton. Memiliki lampu stadion dengan daya penerangan iluminansi rata-rata 1,282,500 Lux , setiap tiang terpasang 20 buah bola lampu. 
Stadion Kanjuruhan terdiri dari fasilitas Tribun Utama dengan luas lantai dalam 2.736 M2 dilengkapi ruangan hall, media center, loket karcis, ruang penjaga, mushola, ruang pengelola, ruang wasit, ruang fitness, ruang ganti pemain, ruang pemanasan, ruang istirahat, ruang mandi bersama, ruang kesehatan, gudang alat olahraga, dan toilet pria dan wanita.
Sebagai tambahan informasi bahwa ternyata Asal muasal nama Arema diambil dari legenda Malang bernama Patih Kebo Arema dimasa Kerajaaan Singosari yang diperintah Raja Kertanegara. Semasa menjadi patih Singosari, Patih Kebo Arema memiliki prestasi yang gemilang. Walaupun namanya kurang populer dalam buku-buku sejarah nusantara dan kalah tenar dibandingkan Raja Kertanegara yang disebut-sebut menjadi raja tersukses di Singosari, namun bagi warga Malang, Patih Kebo Arema menjadi sosok yang sudah melegenda. dan namanya sampai sekarang diabadikan menjadi nama klub sepak bola di Malang.
Demikian sedikit informasi mengenai Arema dan Stadion Kanjuruhan Malang.
 

No comments:

Post a Comment