Tuesday 7 October 2014

Roti Ganda Kuliner Khas Pematang Siantar



Ketika perjalanan pulang dari Danau Toba menuju Bandara Kualanamu Medan, saya melewati kota Pematang Siantar. Menurut teman saya terdapat kuliner legendaris khas kota ini yang tidak boleh dilewatkan. Roti ganda namanya. Isinya sederhana, tapi rasanya luar biasa!!! 
Di toko Roti ganda yang dijual hanya roti, selai srikaya, krim putih, dan meses coklat. Roti jenis ini berbentuk loaf dan lumayan besar untuk mengisi perut yang keroncongan usai perjalanan. Nah, yang menjadi favorit pengunjung adalah selai srikaya maupun meses coklatnya. 
Cobalah untuk menyicip roti meses coklat di tempat, dan roti rasa srikaya untuk dibawa pulang. Rasanya maknyus dan pastinya akan membuat Anda ketagihan. Padahal roti tawar berukuran besar tersebut hanya dipotong dua bagian. Di tengahnya, diolesi selai yang dipesan. Setelahnya, roti dipotong-potong menjadi beberapa bagian lalu dibungkus dengan kertas. 
Menurut salah seorang karyawati Toko Roti Ganda, para pengunjung biasanya membeli selai srikaya yang ukuran setengah kilo dalam kemasan praktis dan aman disimpan ke dalam kabin pesawat. Tapi ada juga yang beli sekilo. Ini aman di pesawat dan kuat sampai satu minggu, kalau ditaruh di kulkas bisa lebih lama dari itu.

Sekian dulu catatan perjalanan saya mengunjungi Toko Roti Ganda khas kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Sampai jumpa di catatan perjalanan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment