Tuesday 16 October 2012

Manfaat Hobby Berpetualang


Pada kesempatan ini saya akan bercerita tentang hobby berpetualang dan manfaatnya, hampir semua orang pernah merasakan bosan akibat pekerjaan atau rutinitas. Hidup terasa membosankan, karena kita tidak punya waktu untuk menikmati alam dan having fun. 

Anda bosan dengan rutinitas? Beban pekerjaan terasa menghimpit? Mungkin anda perlu sesekali melakukan hal-hal baru yang "gila" dengan berpetualang! Camping, main sepeda gunung, mendaki gunung, memanjat tebing, rafting, dan masih banyak lagi kegiatan petualangan yang bisa anda lakukan. Mulailah dari petualangan ringan ( light adventure ) jika anda masih pemula.

Berpetualang banyak manfaatnya, selain memacu adrenalin anda, dibawah ini adalah hal lain yang bisa anda rasakan seketika pada saat anda berpetualang :

1. Kegembiraan
Berpetualang membuat hati gembira, lepas dari segala rutinitas yang menjenuhkan dan mendapatkan suasana yang benar-benar baru. Suasana hati rasanya bebas dan plong !

2. Meningkatkan kepercayaan diri 
Setiap orang yang melakukan petualangan akan merasa telah meraih suatu prestasi, karena kegiatan petualangan umumnya adalah kegiatan beresiko tinggi yang mungkin saja berakibat fatal bagi nyawa seseorang. Keberhasilan melalui tantangan tersebut membuat seseorang merasa berprestasi, dan kepercayaan dirinya meningkat.

3. Motivasi
Motivasi untuk tampil lebih baik dalam hidup diperoleh dari perasaan berprestasi. Seseorang yang belum mampu mencapai sesuatu biasanya akan berkecil hati dan juga kehilangan motivasi. Hal ini tidak akan terjadi pada seorang petualang, karena ia telah terbiasa menghadapi tantangan di alam, mengatasi rasa takut dan melewati berbagai tantangan di alam, sehingga seberat apapun tantangan dalam kehidupannya sehari-hari dapat ia lalui dengan tetap bersemangat.

4. Mampu menghadapi kehidupan dengan lebih baik
Seorang petualang sejati akan mampu menghadapi hidup dengan cara yang positif. Mereka selalu termotivasi dan yakin bahwa ia dapat mencapai tujuan hidupnya. Mungkin ini adalah manfaat terbaik yang dapat diraih dari kegiatan petualangan.

5. Tubuh yang sehat
Ada juga manfaat kesehatan yang dapat diraih dengan petualangan. Selain kebugaran tubuh, anda juga dapat terhindar dari stres dan penyakit lain yang diakibatkan oleh stres itu sendiri. Banyak orang yang beralih dari olah raga dilapangan biasa ke olah raga alam bebas karena mereka telah merasakan manfaat dari olah raga di alam bebas.









 

No comments:

Post a Comment