Wednesday 17 July 2019

Pendaratan di Kabupaten Fak-fak


Syukur alhamdulillah hari ini pesawat yang saya tumpangi mendarat dengan sempurna di kabupaten Fak-fak. Pesawat dari Sorong berkapasitas 48 tempat duduk yang hanya ditumpangi tak lebih dari 35 orang penumpang membawa kami ke Fakfak. Kota kecil di ujung barat Semenanjung Bomerai, Papua Barat.

Pesawat yang terbang relatif rendah itu membuat kami dapat dengan jelas melihat pemandangan di bawahnya; laut, pantai, pulau-pulau, liku-liku sungai, teluk dan tanjung di wilayah "kepala burung". Terlebih karena saya duduk di sebelah jendela jadi lebih mudah untuk menikmati panorama dari atas.

Setelah hampir satu jam terbang, kami pun tiba di Bandara Torea, Fakfak. Sederhana, namun tetap ramah. Dan yang saya suka, di bandara itu saya dapat "berkeliaran" kemana saja untuk berfoto atau sekedar melihat-lihat, tanpa larangan ini-itu. Tidak seketat aturan di bandara-bandara lain.


Pusat Kota Fakfak terletak tak jauh dari Bandara Torea. hanya memakan waktu 15 menit berkendara, saya pun tiba di Kota Batu, julukan bagi Kota Fakfak karena kontur tanahnya yang berbukit-bukit dan berbatu.

Pusat kota Fakfak berupa teluk yang menghadap ke Barat dan di kelilingi oleh bukit. Sebuah pemandangan kota yang menarik. Dari puncak bukit yang mengelilingi kota, kita dapat memandang seluruh bagian kota dan laut di depannya. Jalan yang berliku serta menanjak dan menurun, bangunan-bangunan yang seakan menempel di dinding bukit menjadi pemandangan yang khas di Kota Fakfak.

Seperti kebanyakan bangunan-bangunan lain di Fakfak, hotel tempat saya menginap pun berada di tebing. Reception menyambut kedatangan saya dengan ramah. Setelah selesai Check in, saya meletakkan tas dan langsung tancap gass...( menyelesaiakan target pekerjaan maksudnya ...hehe...) maklum waktu yang disediakan di kota ini tidak begitu lama. Jadi saya harus benar-benar memperhitungkan timeline nya.

Wokey....saya rasa cukup coretan untuk hari ini, besuk kita sambung lagi dengan cerita tentang Fak-fak lainnya.


No comments:

Post a Comment