Monday 22 July 2019

Berkesempatan memakai Hiasan Kepala Pakaian Adat Papua

Masyarakat Papua hidup di daerah-daerah yang relatif terisolir. Untuk menuju ke satu tempat ke tempat lainnya harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan medan yang berat. Mereka menyebar di dalam penjuru hutan membentuk komunitas adat secara terpisah.

Karena hal ini berlangsung sejak zaman dahulu, perkembangan modernisasi sangat lambat di Papua. Hal ini berimplikasi pada pemenuhan kebutuhan hidup mereka yang serba mengandalkan alam, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan sandang.

Dalam pemenuhan kebutuhan akan sandang, hubungan erat masyarakat Papua dan alam dapat dilihat dari pakaian adat tradisional yang mereka kenakan. Pakaian adat Papua dan aksesorisnya secara keseluruhan terbuat dari bahan alami dengan cara pembuatan yang sangat sederhana.

Hari ini saya berkesempatan mencoba hiasan kepala pakaian adat Papua dengan berbagai model. Ada yang dari bulu Kasuari dan ada juga yang dari bulu Cenderawasih. It's Wonderful.....

Memang Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam adat dan budaya. Nah tugas kita sebagai generasi muda adalah melestarikannya.....










No comments:

Post a Comment