Wednesday 21 November 2018

Patung Teruo Nakamura di Morotai

Berhenti disini dulu mas....kata kawan saya, kalau ke Morotai tidak foto dipatung ini belum sah. Haha....okey kita foto dulu, ngomong-ngomong ini patung siapa mas ? Tanya saya. Ini adalah Patung Teruo Nakamura yaitu seorang prajurit Jepang yang ternyata sebenarnya seseorang yang berkebangsaan Taiwan.

Dia termasuk di antara 1000 prajurit Jepang yang ditempatkan di Morotai pada tahun 1943 tetapi kemudian ketika Sekutu dapat mengalahkan Jepang dan menduduki Morotai, dia kabur dan bersembunyi di hutan Morotai sampai bertahun2 lamanya.

Sempat dinyatakan meninggal pada tahun 1945. Tetapi kemudian pada tahun 1974 seorang penduduk Morotai melaporkan bahwa ada seorang prajurit Jepang tua yang hidup sendirian di hutan. Ternyata selama ini ia bertahan hidup dalam keadaan sehat dengan berburu dan juga kabarnya dibantu juga suplai makanan oleh salah satu penduduk setempat selama bertahun-tahun.

Ketika dijemput oleh pihak Jepang pada tahun 1974, ia bilang ia selama ini menyangka Morotai masih dikuasai Sekutu. Karena itu ia sempat ketakutan ketika dijemput. Beliau akhirnya dipulangkan ke jepang, lalu taiwan dan akhirnya meninggal di taiwan tahun 1979.

So begitulah ceritanya.....





No comments:

Post a Comment