Thursday 5 October 2017

Mitos Suara yang keluar dari Meriam Puntung



Sudah tidak terbantahkan jika Indonesia adalah Negara yang kaya akan keragaman budaya. Hampir disetiap daerah mempunyai cerita dan legenda menarik untuk didengar kisahnya. Kali ini saya akan membahas mitos suara yang keluar dari lubang Meriam Puntung.


Bukan sekadar pajangan meriam, konon meriam tersebut merupakan jelmaan Putri Hijau, anak raja dari Kesultanan Deli di Medan. Jika kita menempelkan telinga ke badan meriam, maka suara akan keluar dari dalam meriam tersebut.

Mendengar penjelasan dari sang penjaga meriam, rasa penasaran mulai timbul dan mulailah kami menempelkan telinga ke badan meriam. Diantara kami ada yang mengatakan mendengar suara dengungan, ada pula yang bilang mendengar suara seperti orang merintih atau menangis. Sementara saya hanya mendengar suara penjual es diluar bangunan meriam haha....


Ya mungkin saya tidak seberuntung yang lain yang mendengar suara aneh-aneh. Tapi tidak masalah. Yang jelas cerita misteri dan suara dari Meriam menjadi daya tarik wisatawan untuk masuk ke dalam. Tidak perlu mahal untuk masuk, cukup merogoh kocek Rp 3000 saja, kita langsung dapat melihat potongan Meriam dan mendengarkan legendanya langsung dari penjaga tempat tersebut.

Meriam yang ada di Medan merupakan bagian belakang meriam, sedangkan potongan satunya lagi berada di Desa Sukanalu Tanah Karo Sumatera Utara bersama pelurunya.



 
Terlepas kebenaran kisah Meriam Puntung yang menimbulkan suara misterius, hal tersebut belum bisa dipecahkan secara rasional. Bagi saya ini merupakan kekayaan budaya yang wajib kita jaga kelestariannya.


No comments:

Post a Comment