Thursday 25 May 2017

Goa Langsih Rumah Berandal Lokajaya ( Nama Lain Sunan Kalijogo )


Siang ini saya akan sedikit berbagi kisah saat mengunjungi sebuah goa yang konon merupakan tempat tinggal Berandal Loka Jaya, nama julukan Raden Sahid sebelum mendapat pencerahan melalui Sunan Bonang (saat masih menjadi pemimpin begal). 


Sunan Kalijaga atau yang disebut Raden Sahid tinggal di sebuah goa yang bernama Goa Langsih. Tempat yang terbilang sakral ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Goa ini tergolong unik, karena memiliki pintu atau lubang masuk yang sangat sempit. Dan merupakan tempat Sunan Kalijaga bermunajat kepada Tuhan Yang Maha kuasa. 
Goa Langsih terdiri atas tiga ruangan. Ruangan atas goa konon dulunya digunakan Sunan Kalijaga untuk bermusyawarah dengan sunan-sunan lainnya, dalam memecahkan persoalaan Agama Islam. Dan lubang masuk ruang kedua ini jauh lebih sempit dan terdapat tangga turun yang terbuat dari balok kayu besar. Dalam ruangan bagian bawah goa terdapat batuan yang berbentuk cekungan dengan air yang menetes secara terus-menerus, yang dulunya digunakan Sunan Kalijaga untuk berwudhu. Ruang ketiga adalah ruang kamar tidur. 



Goa Langsih yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga berada di puncak Bukit Surowiti, Gresik, Jawa Timur. Tepatnya di perbukitan Surowiti, Panceng-Gresik kira-kira 35 kilometer dari pusat Kota Gresik ke arah Kota Lamongan. Perjalanan ke gua ini menanjak namun indah.
Berikut beberapa gambar yang sempat saya dokumentasikan :
 
 
 
 




No comments:

Post a Comment