Friday 6 January 2017

Oleh-oleh Khas Kota Palu "Bawang Goreng Mbok Sri"



Ada kalimat yang sering kita dengar saat sedang bepergian keluar kota, kalimat itu bisa datang dari kawan, keluarga atau sahabat-sahabat kita. Penasaran dengan kalimatnya ? kalimat itu  berbunyi “Jangan lupa oleh-oleh nya ya........!!!”.
Untuk itu pada tulisan kali ini saya akan memberikan sedikit referensi bagi kawan-kawan traveller yang sedang bingung mencari oleh-oleh saat berada di Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu. Oleh-oleh ini berupa cemilan bawang goreng.

Mungkin sebagian ada yang bingung oleh-oleh khas Palu kok bawang goreng ? bukannya bawang goreng itu khas-nya Brebes ? Ya......pada kenyataannya memang bawang gorenglah yang menjadi “trade mark nya” Kota Palu. 
Alhamdulillah waktu berkunjung ke Kota Palu beberapa waktu yang lalu, kami sempat blusukan mencari bawang goreng di kota ini. Ternyata yang jual bawang goreng berada di sebuah rumah yang beralamatkan di perumahan BTN Mutiara Indah Blok E no. 3. Disana terpampang papan nama yang bertuliskan “Bawang Goreng Mutiara Hj. Mbok Sri”. 

Yang dijual beragam, selain bawang goreng yang merupakan produk unggulan, ada juga cemilan lain seperti abon, keripik, dan berbagai makan ringan lainnya. Soal harga Insyaallah terjangkau. Bawang goreng mbok Sri memang terkenal nikmat. Selain itu tidak ada minyak yang tersisa, tidak seperti bawang goreng yang lain. 

Hasil obrolan saya dengan salah seorang penjual di lokasi tersebut bahwa sang penemu industri kreatif dan inovatif yang bernama Ny.Harjo Sriyono atau lebih dikenal dengan panggilan Mbok Sri ini sudah meninggal sekitar bulan Februari 2015 yang lalu. Beliau semasa hidupnya sempat mendapat apresiasi dari Kanjeng Paku Alam IX Yogyakarta. Buktinya terdapat piagam dan foto Mbok Sri bersama Kanjeng Paku Alam terpampang di dinding rumahnya.

Itu sedikit referensi yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment