Sunday 1 January 2017

Liburan di Candi Jawi


Postingan kali ini tentang sebuah candi yang lokasinya nggak jauh-jauh amat dari rumah tinggal saya di Sidoarjo. Candi ini mempunyai bentuk yang  nggak terlalu besar, namun bangunannya cukup tinggi. Sekilas saya lihat candi ini agak mirip dengan candi Prambanan di Jawa Tengah, dengan bentuk candi yang mengerucut ke atas. Biasanya candi-candi di Jawa Timur bentuknya agak melebar atau kotak. Bedanya kalau Prambanan kan tangganya cuma sampai setengah candi, sedangkan candi  ini tangganya hampir sampai ke puncak candi. Sehingga kita bisa melihat pemandangan di sekitar candi dari atas, tapi ya gak ada yang bisa dilihat sih selain jalan raya dan perkampungan penduduk....hehe....oh iya sampai lupa belum menyebutkan nama candinya, candinya bernama Candi Jawi.

Candi Jawi berlokasi di tepi jalan desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Jalur menuju candi ini begitu gampang, kalau dari terminal Pandaan ambil arah menuju Tretes, lokasinya berada di sebelah kanan jalan.

Konon Candi Jawi merupakan perpaduan candi Hindu Budha dengan kaki Siwa dan berpundak budha. Candi yang masih dalam wilayah kerajaan Singosari ini merupakan tempat penyimpanan abu dari raja terakhir Singosari yaitu Kertanegara. Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa candi ini merupakan tempat peribadatan Budha.

Meskipun terbilang kecil, namun menurut saya candi Jawi ini merupakan salah satu candi di Jawa Timur yang cocok untuk dikunjungi bersama anak, selain lokasinya nyaman juga udaranya sejuk karena berada di kaki gunung Welirang.

Ya...mungkin itu sekelumit cerita yang bisa saya tulis saat liburan bersama anak.




No comments:

Post a Comment