Saturday 10 December 2016

Monumen Pendaratan Bangsa Spanyol Pertama Kali Di Tidore

Berada di Tidore tidak lengkap rasanya sebelum mengunjungi sebuah monumen yang sempat menjadi perhatian dunia Internasional, karena di pulau ini terdapat jejak peninggalan dan sejarah bangsa Spanyol dalam perjalanannya mengelilingi dunia untuk pertama kalinya.
Untuk memperingatinya pada tanggal 03 Maret 1993 Kedutaan Spanyol datang ke Tidore untuk membangun sebuah monumen. Adapun isi kalimat dalam ukiran di monumennya adalah, "Monumen ini dibangun untuk memperingati Juan Sebastian de Elcano beserta awak kapal-kapal Trinidad dan Victoria yang merapat di Pulau Tidore pada tanggal 8 November 1521 dan melanjutkan pelayarannya ke Spanyol pada tanggal 18 Desember 1521. Dalam Perjalanan keliling dunia yang pertama".
Monumen ini terletak di Kelurahan Rum, Tidore, Maluku Utara. Letaknya berada persis di pinggir jalan raya. Dari Pelabuhan Rum, cukup memakan waktu sekitar 5 menit saja dengan mobil atau motor untuk menuju ke monumen tersebut.
Dari pinggir jalan, tidak terlihat penampakan monumen yang megah dan besar. Justru terlihat sebuah pagar dari semen berbentuk persegi yang terletak persis di pinggir pantai. Mungkin, wisatawan yang melihat ini menggangpnya sebagai makam. Padahal, inilah tempat monumen peringatan perjalanan spanyol untuk keliling dunia pertama kalinya. Anda bisa memarkirkan mobil di pinggir jalan dan berjalan menuju monumen ini.
Di dalam pagar tersebut, terlihat sebuah monumen berwarna hitam. Anda pun bisa melihatnya dari dekat. Terdapat tiga bahasa di monumen seukuran tinggi manusia dewasa ini, yaitu bahasa Indonesia, Spanyol, dan Inggris.
Monumen ini adalah saksi bisu dalam perjalanan Spanyol keliling dunia untuk pertama kalinya. 

No comments:

Post a Comment