Thursday 8 December 2016

Batu Angus Bukti Kedahsyatan Letusan Gamalama



Saat berada di Kulaba Ternate saya menjumpai spot yang cukup unik untuk diulas yaitu berupa hamparan batu hitam yang tertata seperti karya seni instalasi alam. Konon batu-batu berukuran besar itu berasal dari dalam perut Gunung Gamalama yang keluar pada letusannya di tahun 1775. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Obyek Wisata Batu Angus.


Hamparan batu itu membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai. Dinamakan Batu Angus karena lava-lava beku ini memiki warna yang hitam kelam. Selintas batu ini memang biasa saja, tapi bila melihatnya secara keseluruhan anda akan melihat keindahan lain dari kumpulan batu-batu ini.


Onggokkan bebatuan menyerupai stalagmit ini terlihat unik berpadu dengan hijaunya Gunung Gamalama. Belum lagi bentangan laut nan biru menjadi latar yang semakin memperindah panorama di sekitar Batu Angus


Dengan melihat lokasi ini mungkin kita bisa membayangkan betapa dahsyatnya letusan Gunung Gamalama waktu itu. Menurut penelusuran yang saya lakukan konon dampak letusannya sampai melenyapkan satu desa dan menimbulkan ratusan korban jiwa.


Seperti biasa beberapa dokumentasi sempat saya ambil saat berada dilokasi ini.

No comments:

Post a Comment